10 Provinsi Terkecil di Indonesia dengan Sumber daya Berlimpah

10 Provinsi Terkecil di Indonesia dengan Potensi Berlimpah

10 Provinsi Terkecil di Indonesia dengan Potensi Berlimpah


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sekitar 191.997 kilometer persegi. 


Terdiri dari 13.466 pulau besar dan kecil, Indonesia juga memiliki beragam potensi alam dan budaya yang sangat besar.


Salah satu hal yang menarik dari Indonesia adalah banyaknya provinsi yang memiliki ukuran kecil, namun memiliki potensi yang sangat besar. 


Berikut adalah 10 provinsi terkecil di Indonesia dengan potensi berlimpah:


1. DKI Jakarta


DKI Jakarta merupakan provinsi terkecil di Indonesia dengan luas wilayah hanya sekitar 664 kilometer persegi. 


Namun, Jakarta merupakan pusat perekonomian dan politik Indonesia, serta menjadi rumah bagi jutaan penduduk. Jakarta juga memiliki banyak potensi wisata yang menarik, seperti Taman Impian Jaya Ancol, Monumen Nasional, dan Kota Tua.


2. Kepulauan Bangka Belitung


Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi yang terletak di lepas pantai timur Sumatera. 


Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 16.424 kilometer persegi, dan terdiri dari 2 pulau utama yaitu Bangka dan Belitung. 


Kepulauan Bangka Belitung merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia, dan juga memiliki potensi wisata yang sangat besar, seperti Pantai Tanjung Pendam, Pantai Pasir Padi, dan Pantai Tanjung Kelayang.


3. Kepulauan Riau


Kepulauan Riau merupakan provinsi yang terletak di lepas pantai barat Sumatera. 


Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 25.586 kilometer persegi, dan terdiri dari 2 pulau utama yaitu Batam dan Bintan. Kepulauan Riau merupakan salah satu pusat perekonomian Indonesia, dan juga memiliki potensi wisata yang sangat besar, seperti Pulau Batam, Pulau Bintan, dan Pulau Karimun.


4. Banten


Banten merupakan provinsi yang terletak di sebelah barat Jawa Barat. 


Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 9.677 kilometer persegi, dan memiliki banyak potensi wisata yang menarik, seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, dan Taman Nasional Ujung Kulon.


5. Yogyakarta


Yogyakarta merupakan provinsi yang terletak di Pulau Jawa. 


Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 3.133 kilometer persegi, dan merupakan salah satu pusat budaya dan pendidikan Indonesia. Yogyakarta juga memiliki banyak potensi wisata yang menarik, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Keraton Yogyakarta.


6. Bali


Bali merupakan provinsi yang terletak di Pulau Bali. 


Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 5.636 kilometer persegi, dan merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Bali memiliki banyak potensi wisata yang menarik, seperti Pantai Kuta, Pantai Seminyak, dan Pantai Ubud.


7. Nusa Tenggara Timur


Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia. 


Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 54.757 kilometer persegi, dan memiliki banyak potensi wisata yang menarik, seperti Komodo National Park, Labuan Bajo, dan Pantai Pink.


8. Nusa Tenggara Barat


Nusa Tenggara Barat merupakan provinsi yang terletak di bagian barat Indonesia. 


Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 57.815 kilometer persegi, dan memiliki banyak potensi wisata yang menarik, seperti Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.


9. Kalimantan Barat


Kalimantan Barat merupakan provinsi yang terletak di bagian barat Kalimantan. 


Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 74.795 kilometer persegi, dan memiliki banyak potensi wisata yang menarik, seperti Tanjung Puting National Park, Gunung Kinabalu, dan Danau Sentarum.


10. Kalimantan Timur


Kalimantan Timur merupakan provinsi yang terletak di bagian timur Kalimantan. 


Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 75.677 kilometer persegi, dan memiliki banyak potensi wisata yang menarik, seperti Kutai National Park, Gunung Semeru, dan Danau Poso.


Itulah 10 provinsi terkecil di Indonesia dengan potensi berlimpah. 


Provinsi-provinsi tersebut memiliki luas wilayah yang kecil, namun memiliki potensi yang sangat besar dalam berbagai bidang, seperti perekonomian, pariwisata, dan budaya.


Artikel Lainnya : 

Media Journal

News Media

Academia

LihatTutupKomentar