Tutorial Lengkap Cara Verval Data Mapel PKP Pada Akun SIM PKB

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Berikut ini kami bagikan Tutorial Lengkap Cara Verval Data Mapel PKP Pada Akun SIM PKB. Info Login Sim PKB 2019 untuk Verval Data Mapel PKP Tahun 2019. Pada saat ini, para guru diminta melakukan Verval Data Mapel PKP 2019 dalam rangka Pedataan Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Periode 2019. Apa itu Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)? Program Diklat PKP merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik, dimana penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus meng-update diri dengan melakukan berbagai pengembangan keprofesian berkelanjutan. Selama ini program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, yang lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kompetensi pedagogi dan profesional, adapun dalam Program PKP ini lebih memfokuskan pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program Diklat PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD, atau musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK, dan musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.

Tutorial Lengkap Cara Verval Data Mapel PKP Pada Akun SIM PKB Tutorial Lengkap Cara Verval Data Mapel PKP Pada Akun SIM PKB

Bagaimana Cara Verval Data Mapel PKP 2019 untuk Pedataan Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Periode 2019? Silahkan Bapak/Ibu guru Login ke Akun SIM PKB masing-masing. Jika Bapak/Ibu berhasil login maka akan pemberitahuan yang menyatakan: “Mohon informasikan Mata Pelajaran Utama Anda sesuai kompetensi atau tugas mengajar semester ini atau sertifikasi yang anda miliki berbasis kurikulum 2013 (K13).” Informasi ini akan di gunakan untuk mendukung program Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Periode 2019.

Selanjutnya Bapak/Ibu guru jenjang Satuan Pendidikan yang sesuai. Di sana terdapat pilihan SD, SMP, SMA, SMK. Jika sudah sesuai Bapak/Ibu mata pelajaran yang diampu. Apabila Mata Pelajaran (Mapel) tidak tersedia, Bapak/Ibu bisa memilih mapel Lain-lain kemudian mengisi sendiri mapel yang Bapak/Ibu ampu.

Demikian info singkat terkait Login Sim PKB 2019 untuk Verval mapel PKP 2019 dalam rangka Pedataan Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Periode 2019. Semoga ada manfaatnya, jangan lupa ya ikut verval. Mudah-mudahan Bapak/Ibu bisa mengikuti Diklat gratis guna peningkatan kompetensi diri.


Sumber https://www.pgrionline.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

LihatTutupKomentar